Pengikut

Kamis, 08 November 2012

makalah workshop



BAB  I
PENDAHULUAN
1.1.LATAR BELAKANG

Perkembangan teknologi pada era globalisasi maju dengan pesat,segala aspek kehidupan tidak terlepas dari peran teknologi. Terutama pada bidang pendidikan, teknologi sangat dibutuhkan khususnya pada saat mempersiapkan materi pelajaran yang akan disampaikan pada saat proses belajar mengajar. Teknologi dalam dunia pendidikan dapat berwujud apapun seperti alat peraga perangkat keras (hardware) dan alat peraga perangkat lunak ( software). Tidak hanya pada SMP,SMA dan Perguruan Tinggi saja yang hanya menerapkan teknologi pendidikan,tetapi disekolah-sekolah dasar juga sudah mulai menerapkan teknologi tersebut,salah satunya dengan membuat alat peraga untuk praktek pelajaran sains(matematika,ipa). Murid-murid sekolah dasar dikenalkan kepada alat peraga tersebut agar mereka bisa dengan mudah mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang didapat dengan menggunakan alat peraga yang telah disajikan dan disedikan di sekolahnya. Alat peraga untuk  pelajaran MATEMATIKA sangat lah beragam,salah satu nya yaitu alat peraga “DEKAK FPB DAN KPK”,alat tersebut dibuat untuk mempermudah anak-anak sekolah dasar mempelajari dan memahami tentang FPB dan KPK,yang mungkin masih di rasa sulit oleh mereka yang mempelajarinya.Dengan di buat dan disajikan nya alat peraga “DEKAK FPB DAN KPK “  tersebut dalam proses belajar mengajar diharapkan murid-murid tersebut tidak mengalami kesulitan dalam memahami materi FPB dan KPK. Alat peraga ini biasanya diperuntukkan bagi murid-murid sekolah dasar kelas 5.










1.2.RUMUSAN MASALAH
1.2.1.Apakah pengertian  FPB dan KPK?
1.2.2. Apakah tujuan dari pembuatan alat peraga”DEKAK FPB DAN KPK” tersebut?
1.2.3. Apa alat dan bahan yang digunakan dalam pembuatan “DEKAK FPB DAN 
KPK?
1.2.4.Bagaimana cara pembuatan alat peraga tersebut?
1.2.5.Bagaimana cara penggunaan  dari “DEKAK FPB DAN KPK”!

1.3.TUJUAN
            1.3.1.Mengetahui pengertian darI FPB dan KPK.
            1.3.2.Mengetahui tujuan pembuatan alat peraga “DEKAK FPB DAN KPK”.
1.3.3. Mengetahui alat dan bahan yang digunakan dalam pembuatan “DEKAK FPB DAN  KPK”.
            1.3.4. Mengetahui cara pembuatan alat peraga “DEKAK FPB DAN KPK”.
            1.3.5.Mengetahui langkah-langkah penggunaan “DEKAK FPB DAN KPK”











BAB II
PEMBAHASAN

2.2.1.Pengertian FPB DAN KPK
            KPK merupakan kelipatan persekutuan terkecil. Sedangkan FPB merupakan faktor persekutuan terbesar. Namun yang lebih singkatnya dalam pengertiannya KPK yakni bilangam yamg bisa dibagi,dan FPB adalah bilangan yang bisa membagi. Maksudnya FPB bisa membagi KPK,dan KPK bisa dibagi FPB. Dalam pencarian FPB dan KPK biasanya menggunakan pohon faktor. Namun kini kita menggunakanpola 10 kali lebih cepat dari cara  yang biasa. Pola ini dinamakan pola dahsyat.
Misal contoh: Carilah FPB dan KPK dari 12 dan 16!
Jawab :
Cara pohon faktornya yakni:
12= 2 x 2 x3
= 22 x 3
16=2  x 2 x 2 x 2
= 24
FPB nya : Cari yang sama dan pangkat terkecil. Jadi: 22  = 4, FPB nya adalah 4
KPK nya : Cari yang sama,pangkat terbesar dan sisanya . Jadi : 24 x 3 = 16 x 3 =48, KPKnya adalah 48.
Kemudian sekarang dengan cara cepatnya  dengan rumus :
FPB : yang besar dibagi yang kecil,sisanya itu FPB .
KPK :  yang besar dikalikan yang kecil dibagi FPB.
FPB dan KPK dari 12 dan 16
FPB =16 bagi 12,dapat 1 sisa 4 dan FPB nya adalah 4
KPK =  16 x 12 : 4=16 x 3 =48

2.2.2. Tujuan pembuatan alat peraga “DEKAK FPB DAN KPK “
            Pada umumnya murid-murid sekolah dasar memiliki kesulitan dalam mempelajari pelajaran khususnya MATEMATIKA.Tetapi dengan seiring berjalan nya waktu teknologi semakin berkembang. Dengan kemajuan teknologi para guru berinisiatif membuat alat peraga baik berupa perangkat keras maupun perangkat lunak,dengan tujuan mempermudahan penyampaian materi pelajaran yang akan disampaikan saat proses belajar mengajar yang akan dilakukan dikelas. Adapun tujuan dari pembuatan “DEKAK FPB DAN KPK “ yaitu mempermudah murid-murid mempelajari,memahami materi tentang FPB dan KPK dengan mudah dan cepat,dan selain itu bukan hanya guru saja yang  berperan aktif saat proses belajar mengajar melainkan murid juga ikut serta aktif dalam mempraktekan materi yang disajikan dengan alat peraga yang telah disajikan.  Selain murid dapat memahami tentang materi FPB dan KPK, guru juga dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan rasa ingin tahu murid-murid untuk menggali ilmu pengetahuan yang ingin di peroleh oleh murid tersebut tanpa harus measa malu dan pesimis, selain itu suasana kelas yang biasanya sepi tetapi dengan menerapkan sistem pembelajaran dengan menggunakan alat peraga tersebut suasana kelas menjadi hidup kembali dan proses belajar mengajar bisa berlangsung dengan efektif.
2.2.3.Alat dan bahan yang digunakan dalam pembuatan  “DEKAK FPB DAN    KPK”
2.2.4.Cara pembuatan  alat peraga “DEKAK FPB DAN KPK”
 2.2.5.Langkah-langkah penggunaan “DEKAK FPB DAN KPK”



















BAB III
PENUTUP


3.1.KESIMPULAN
           
            Teknologi telah berkembang dengan pesat dalam berbagai aspek kehidupan. Teknologi juga sangat berperan penting dalam dunia pendidikan khususnya dalam proses belajar mengajar yang dilakukan di sekolah-sekolah. Teknologi tidak hanya diterapkan pada SMP,SMA, dan Perguruan Tinggi saja tetapi sudah mulai diterapkan pada sekolah dasar. Yaitu dengan membuat alat peraga baik berupa perangkat keras ( hard ware ) dan perangkat lunak (software). Alat peraga biasanya digunakan pada penyajian mata pelajaran sains ( matematika dan ipa ). Pada mata pelajaran khususnya MATEMATIKA alat peraga yang digunakan sangatlah beragam,salah satunya alat peraga yang disebut “DEKAK FPB DAN KPK”. Alat peraga ini digunakan untuk menyajikan sub materi FPB  dan KPK. Dengan dibuatnya alat peraga ini diharapkan para murid-murid sekolah dasar khususnya  kelas 5 dapat memahami,mengerti dengan benar tentang sub materi FPB dan KPK yang disampaikan oleh guru saat proses pembelajaran berlangsung. Selain meningkatkan pengetahuan murid akan materi yang disajikan,alat peraga ini dapat membangkitkan kreatifitas guru dan murid untuk menciptakan alat peraga atau teknologi pendidikan yang dapat berguna untuk proses pembelajaran.

3.2.SARAN

            Dengan adanya teknologi yang sudah berkembang dengan pesat diharapkan para pendidik dapat membuat media pembelajaran dengan semaksimal mungkin,baik itu media atau alat peraga perangkat keras maupun perangkat lunak. Selain dapat mempermudah penyampaian materi pembelajaran juga dapat memperkaya wawasan kita tentang teknologi yang ada.Dan tujuan pendidikan pun dapat tercapai dengan optimal










                                                                                                         

DAFTAR PUSTAKA

Dira-indira blogspot.com/2011/01/pengertian-kpk-dan fpb.html?m=1
Mastugino.blogspot.com/2012/07/fpb-kpk.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar